Arjuna Wiwaha

Arjuna Wiwaha

September 5, 2018 0 By admin

Sinopsis
Arjuna Wiwaha karya Sunardi D.M. 
Kisah Arjuna Wiwaha ini aslinya karangan Mpu Kanwa, seorang ahli syair dan filsafat yang hidup dalam pertengahan abad XI, yaitu waktu di Jawa Timur bertahta Raja Airlangga. 
Kisah aslinya ditulis dalam bahasa Kawi. 
Waktu itu Raja Airlangga sedang menyelenggarakan pesta besar terkait perkawinannya dengan Putri Sanggramawijayadharma Prasadottunggadewi, yaitu putri Raja Sriwijaya. Dengan demikian cerita Arjuna Wiwaha ini mempunyai nilai sejarah. 
Kisah ini juga diramu dengan buku Mintaraga terbitan Balai Pustaka Batavia Centrum tahun 1932 seri nomor 984, hasil karya Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Pakubuwono Ingkang Kaping Tiga di Surakarta. Aslinya dalam bahasa Jawa huruf Jawa dalam Syair Macapat. 
Kakawin Arjuna Wiwaha berbahasa Jawa Kuno karya Empu Kanwa pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Sanusi Pane. Sanusi Pane menerjemahkannya karena kagum terhadap isi cerita dan falsafah yang terkandung di dalamnya. 
Di Jawa sendiri sudah beberapa kali cerita itu dipentaskan, baik dalam bentuk pertunjukan wayang kulit maupun pergelaran wayang orang. Setiap kali diadakan pertunjukan lakon tersebut penonton tak pernah jemu menyaksikannya. Suatu tanda bahwa lakon ini sangat digemari orang. 
Filosofi dari kisah ini antara lain disadur dari sekelumit Unsur Filosofi Cerita Arjuna Wiwaha karya almarhum Dr. A. Seno Sastroamidjoyo terbitan PT Kinta Jakarta tahun 1963 berikut beberapa literasinya. 
Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;

1. Bapak Susanto >>> 08128120240
2. Bapak Jimi >>> 081289287900
3. Bapak Supriadi >>> 081317424255

#istanaperadaban
#bpreborn
#bumnhadiruntuknegeri
#arjunawiwaha