Wisata Edukasi SDN Rorotan 02 Pagi ke Istana Peradaban Balai Pustaka

Jakarta ­– (27/02/2023). Pada hari Senin pagi, 27 Februari 2023 lalu, PT Balai Pustaka kedatangan siswa-siswa kelas 5 SDN Rorotan 02 Pagi yang berjumlah sebanyak 63 siswa dan 4 orang guru pendamping. Kegiatan yang disebut Wisata Edukasi ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah awal berdirinya PT Balai Pustaka yang sudah ada sejak 1908 dahulu dan bagaimana Balai Pustaka berkembang seiring dengan zaman dan teknologi yang ada.

Acara ini diselenggarakan di Kafe Sastra yang terletak di kawasan PT Balai Pustaka. Acara pertama dimulai dengan sambutan dari Ibu Huri Yani selaku Manager Department Heritage Development dan juga Ibu Heni selaku Wakil Guru Pendamping dari SDN Rorotan 02 Pagi. Setelah itu, acara berlanjut dengan hiburan bernyanyi bersama oleh Rizki Gatra selaku Tim Wisata Edukasi. Agenda selanjutnya adalah mengajak dan mengedukasi siswa-siswa serta guru pendamping berkeliling lingkungan Balai Pustaka serta menunjukan koleksi-koleksi buku lama yang sudah disimpan sejak Balai Pustaka pertama kali didirikan dan dipajang dengan hati-hati di ruang arsip. Setelah lelah berkeliling kawasan Balai Pustaka, anak-anak diajak menonton film animasi cerita rakyat Lutung Kasarung dan Timun Mas karya Balai Pustaka.

Agenda terakhir diisi dengan permainan tebak gambar berhadiah yang diadakan oleh Tim Wisata Edukasi serta pertunjukan seni yang ditampilkan oleh anak-anak SDN Rorotan 02 Pagi. Terdapat empat pertunjukan seni yang ditampilkan oleh siswa-siswa, yaitu puisi, menyanyi, tari tradisional ondel-ondel, dan tari tradisional Jawa Barat. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Tim Humas Balai Pustaka kepada Ibu Heni selaku perwakilan guru SDN Rorotan 02 Pagi.

Share:

Leave a comment