Konferensi Pers Pentingnya Pendidikan Toleransi Melalui Sastra Klasik “Si Doel Anak Jakarta” Karya Aman Dt. Madjoindo

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merupakan sebuah lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas untuk menanggulangi terorisme.

Misi BNPT adalah (1) Melakukan upaya pencegahan terjadinya aksi terorisme, meningkatkan kewaspadaan, dan memberikan perlindungan terhadap objek vital yang potensial menjadi target serangan terorisme, (2) Melakukan deradikalisasi dan melawan propaganda ideologi radikal, (3) Melakukan penindakan aksi terorisme melalui penggalangan intelijen dan surveillance, serta penegakan hukum melalui koordinasi dan kerjasama dengan institusi terkait, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa, (4) Melaksanakan pembinaan kemampuan dan kesiap siagaan nasional terhadap ancaman aksi terorisme, (5) Melaksanakan kerjasama internasional dalam penanggulangan terorisme.

Untuk menjalankan misi tersebut BNPT mempunyai rencana membuat Film Si Doel Anak Betawi/Jakarta dengan tujuan pendidikan toleransi, disampaikan melalui karya Sastra Klasik dalam media milenial.

Dalam buku Si Doel Anak Betawi/Jakarta, peran Doel sebagai anak kecil yang dilahirkan di Betawi/Jakarta serta mempunyai budaya rajin mengaji, melasanakan sholat 5 waktu serta pandai pencak silat membentuk kepribadian yang selalu membantu teman dan sahabat-sahabatnya yang sedang dalam kesulitan. Doel ajarkan toleransi agar paham terorisme tidak mempengaruhi teman dan sahabatnya.

#bnpt#kementerianbumn#bumnuntukindonesia#antiradikalisme#antiterorisme#amandatukmajoindo#sidoelanakbetawi#sidoelanakjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *