Quotes Buku Balai Pustaka

Zuber Usman adalah penulis cerita pendek dan perintis kritik sastra Indonesia. Lahir di Padang, ia dididik di sekolah-sekolah Islam sejak kecil sampai tahun 1937, kemudian menjadi guru bahasa. Berkecimpung dalam penulisan cerpen selama pendudukan Jepang di Indonesia dan perjuangan perang kemerdekaan, ia terus mengajar dan menulis tentang sastra sampai akhir hayatnya.

Zuber Usman merupakan orang yang pertama kali yang mengemukakan ide pembentukan Fakultas Sastra dan Sosial Budaya dalam makalah yang dipaparkannya pada seminar “Pembangunan Daerah Sumatra Barat” di Padang pada tahun 1964. Makalah tersebut menuntut agar sarana pendidikan di Sumatra Barat dikembangkan agar provinsi tersebut dapat mengikuti perkembangan nasional, setelah beberapa tahun sebelumnya diasingkan karena menjadi tempat duduknya Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia. Namun, Usman tidak membantu dalam urusan administratif sehingga fakultas itu didirikan pada tahun 1982.

#damarwulan#zuberusman#quotesbuku#quotes#quotesindonesia#sastraindonesia#sastra#literasi#coretankertas#inspirasi#ruangpena#balaipustaka#bumnuntukindonesia#covidsafebumn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *