Quotes Buku Balai Pustaka

Nurdin Yakub memiliki pertanyaan besar dalam karya sastranya berjudul Panggilan Tanah Kelahiran. Bagaimana #SobatBP akan menanggapi pertanyaan tersebut?

DT. B. Nurdin Yakub merupakan sastrawan yang mengarang novel, cerpen, buku cerita anak-anak, buku tentang adat dan budaya Minangkabau, serta sastra rakyat Minangkabau. Ia dilahirkan di Dilam, Solok, Sumatra Barat 12 Oktober 1920. Pendidikannya cukup tinggi, mulai dari HIS, MULO, AMS, dan terakhir tamat sekolah wartawan pada Instituut Journalist en Algemmene Ontwikkeling tahun 1942 di Jakarta.

Kariernya sebagai wartawan dimulai tahun 1950. Selain itu, ia juga mengajar di SMA A, SMA B, dan SMA C di Bukittinggi. Profesinya sebagai guru berlanjut sampai ia menduduki jabatan sebagai Direktur SMA Negeri Padangpanjang hingga pensiun tahun 1980. Sesudah itu, ia memimpin INS (Indische Nederlands School) di Kayutanam dan memberi kuliah di Universitas Muhammadiyah, Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) semuanya di Padang, Bukittinggi, dan Padangpanjang, Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *