Berita: Peringatan Hari Museum International 2020

Hari Museum Internasional (International Museum Day) adalah perayaan yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 18 Mei.

Perayaannya dikoordinasi oleh International Council of Museums. 
Acaranya memiliki sebuah tema spesifik yang berubah setiap tahun dan merupakan inti dari kenikmatan komunitas museum internasional.

Hari Museum Internasional menyediakan peluang bagi pekerja museum untuk bertemu dengan masyarakat dan memperingatkan mereka mengenai tantangan yang dihadapi oleh museum. Hari Museum Internasional bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan peranan museum dalam perkembangan masyarakat pada saat ini, dalam skala internasional. .

Setiap tahun, semua museum di seluruh dunia diundang untuk berpartisipasi dalam HMI untuk mempromosikan peranan museum di seluruh dunia, menciptakan aktivitas yang unik bebas dan dapat dinikmati dengan berdasarkan kepada tema yang didiskusikan dalam komunitas ICOM untuk hari yang istimewa ini.

Sejak penciptaannya pada tahun 1977, Hari Museum Internasional telah memiliki penambahan jumlah pengunjung. Pada tahun 2009, Hari Museum Internasional menarik lebih dari 20.000 museum untuk berpartisipasi dalam acara di lebih dari 90 negara. Pada tahun 2010, 98 negara mengikuti perayaan ini. Jumlah ini bertambah menjadi 100 negara pada tahun 2011, dan 129 negara pada tahun 2012 dengan lebih dari 30.000 museum. Pada taun 2011, poster resmi Hari Museum Internasional diterjemahkan ke dalam 37 bahasa. Jumlahnya bertambah menjadi 38 pada tahun 2012.

Istana Peradaban Balai Pustaka sebagai salah satu Museum, Galeri dan Monumen (Mugalemon) di Indonesia senantiasa memelihara dan melestarikan berbagai karya sastra di Indonesia sebagai perwujudan nilai-nilai kebudayaan.

Siap menerima berbagai kunjungan saat pandemi berakhir dan perkumpulan telah diindahkan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *