HUT ke-104 Balai Pustaka

Selamat pagi.

Hari ini tanggal 22 September 2021 adalah Hari Jadi Balai Pustaka yang ke-104.

Balai Pustaka sejak kelahirannya telah menjadi rumah besar bagi para Sastrawan dan para pejuang bangsa. Dari rahimnya terlahir karya sastra fenomenal seperti Sitti Nurbaya, Salah Asuhan. Layar Terkembang, Sengsara Membawa Nikmat dan karya besar lainnya.

Setelah tidurnya yang panjang Balai Pustaka kini telah tumbuh dan berkembang menjadi industri kreatif berbasis pengembangan Intelectual Property yang dimilikinya.

Beberapa karya Cinema telah diproduksi oleh Balai Pustaka, seperti Sinetron Salah Asuhan, Film Sitti Nurbaya dan Film Onrust. Selain itu berbagai pementasan besar telah beberapa kali digelar oleh Balai Pustaka termasuk Lomba Tingkat Nasional.

Sementara untuk produk digital, Balai Pustaka telah mengembangkan berbagai produk, seperti Pustaka Digital (EduBP), Audio Book, e.Book, dan e.learning Baruga Sikola.

Dengan tagline Tumbuh Berkembang Melintasi Zaman berharap Balai Pustaka akan semakin Tumbuh dan berkembang di segala zaman termasuk tetap bisa eksis di masa depan bersama Cluster Danareksa-PPA.

Izin share pantunnya. Pantun 104 Tahun Balai Pustaka.

Puisi ditorehkan seindah seloka
Sambil berdendang pantun dilantunkan
104 tahun perjalanan Balai Pustaka
Tumbuh berkembang melintasi zaman

Jakarta, 22 September 2021
Achmad Fachrodji
Balai Pustaka

Share:

Leave a comment