Sejarah Baru Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional Tahun 2021

Pertama kali di Indonesia kegiatan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional Tahun 2021 dilaksanakan dengan penyampaian materi berbalas pantun dalam bentuk video dan merupakan rekor baru dalam sejarah jumlah peserta lomba berbalas pantun tingkat nasional yang mencapai 1.085 peserta.

Semangat memasyarakatkan pantun sebagai warisan budaya dunia dan mengangkat kearifan lokal ke pentas nasional menjadi dasar Kementerian BUMN, Balai Pustaka dan masyarakat yang saling mendukung agar lomba berbalas pantun terlaksana dengan baik.

Kegiatan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional tahun 2021 juga banyak di dukung oleh perusahaan BUMN.

Yuk lestarikan budaya berbalas pantun agar kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia dapat terus terjaga dengan baik kelestariannya.

@pertamina@danareksa.id@bankbri_id@bankmandiri@semenindonesia@waskita_karya@hutamakarya@bankbtn@bukitasamptba@taspen.kita@ptwijayakarya@pt_jamkrindo@telkomindonesia@perum.bulog@pt.pupukindonesia@peruri.indonesia@pelindo3@askrindo@ptpp_id@pgn360@pelni162@brantasabipraya@keretaapikita@pln_id@bni46@official.jasamarga@miningindustry.id@pt_jasaraharja@pegadaian_id@angkasapura2@indonesiaportcorp@perumperhutani@rniholding@pt_pindad@sucofindoofficial@bki_1964

#kementerianbumn#bumnuntukindonesia#berbalaspantun#pantunwarisandunia#balaipustakaberpantun#indonesiaberpantun#millenialberpantun#bumnberpantun#lombaberbalaspantun

Hari Pendidikan Nasional 2021

Hari ini, tanggal 2 Mei 2021 kita peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar 2 Mei 2021 adalah “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke negeri Belanda. Setelah kembali ke Indonesia ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia.

Filosofinya Tut Wuri Handayani (“di belakang memberi dorongan”), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan, pemerintah menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional melalui Keppres No 316 tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

#haripendidikannasional#hardiknas#haripendidikannasional2021#hardiknas2021#merdekabelajar#kihajardewantara#nadiemmakarim#balaipustaka#khazanahinspirasiindonesia#akhlak#akhlakbumn#bumnuntukindonesia

Lomba Berbalas Pantun Balai Pustaka

Tahukah, #SobatBP? Video-video yang telah terkumpul untuk Lomba Berbalas Pantun akan dinilai oleh Juri Kehormatan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno.

Seperti yang kita ketahui, Bapak Sandiaga Uno di berbagai kesempatan sering kali menyapa dengan berpantun. Beliau pun ingin pantun jadi kebiasaan baru sehingga bisa lebih mendunia.

#SobatBP nggak mau kan melewatkan kesempatan emas seperti ini? Yuk, segera tunjukkan karya terbaikmu sekarang!

Bagi tim yang sudah mengirimkan videonya, terima kasih karena sudah mengerahkan usaha terbaiknya! Dimohon untuk tidak mengunggah video di media atau platform manapun hingga batas waktu tertentu ya!

Info lebih lanjut bisa melalui linktr.ee/ptbalaipustaka atau klik link pada bio Instagram @pt_balaipustaka

#berbalaspantun#pantunwarisandunia#balaipustakaberpantun#indonesiaberpantun#milenialberpantun#bumnberpantun

Lomba Berbalas Pantun Balai Pustaka

!!!PENGUMUMAN UNTUK PESERTA LOMBA BERBALAS PANTUN!!!

Pendaftaran dan pengiriman video Lomba Berbalas Pantun tinggal 7 hari lagi nih, #SobatBP​! Segera daftarkan timmu sekaligus kirimkan videonya! Jangan sampai ketinggalan! Info lebih lanjut bisa melalui linktr.ee/ptbalaipustaka atau klik link pada bio Instagram @pt_balaipustaka #berbalaspantun#pantunwarisandunia#balaipustakaberpantun#indonesiaberpantun#milenialberpantun#bumnberpantun​ @pertamina @bankbri_id @bankmandiri @semenindonesia @bankbtn @bukitasamptba @taspen.kita @ptwijayakarya @pt_jamkrindo @telkomindonesia @perum.bulog @pt.pupukindonesia @peruri.indonesia @pelindo3 @keretaapikita @pln_id @bni46 @official.jasamarga @miningindustry.id @pt_jasaraharja @pegadaian_id @angkasapura2 @indonesiaportcorp @perumperhutani

Hari Buku Sedunia

Hari Buku Sedunia, dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional, merupakan hari perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta. Di Inggris, hari perayaan ini jatuh pada hari Kamis pertama setiap bulan Maret. Hari Buku Sedunia dirayakan pertama sekali pada tanggal 23 April 1995.

Hubungan antara 23 April dengan buku pertama sekali dibuat oleh toko buku di Catalonia, Spanyol pada tahun 1923. Ide awalnya berasal dari penulis Valencia, Vicente Clavel Andrés sebagai cara untuk menghargai penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada tanggal tersebut.

Pada tahun 1995, UNESCO memutuskan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada tanggal 23 April, sebab tanggal tersebut juga merupakan hari kematian William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega, serta hari lahir atau kematian beberapa penulis terkenal lain.

#haribukusedunia#haribukusedunia2021#haribuku#worldbookday2021#balaipustaka#khazanahinspirasiindonesia#akhlak#akhlakbumn#bumnuntukindonesia

Lomba Berbalas Pantun Balai Pustaka

Di Indonesia banyak orang menggunakan Pantun sebagai pengantar di beberapa acara penting, seperti acara menerima mantu/besan, pembuka acara dalam rapat dan kegiatan penting lainnya.

UNESCO menetapkan Pantun sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda, di Paris, pada tanggal 17 Desember 2020, hal ini yang membuat Balai Pustaka sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara membuat kegiatan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional Tahun 2021 dengan memperebutkan Piala Menteri BUMN.

Hadiah total yang disediakan senilai Rp.200.000.000,- (dua ratus juta rupiah).

Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional dibagi menjadi 2 (dua) kelompok ;
1. Kelompok antar komunitas/institusi se-Indonesia
2. Kelompok Millenial BUMN dan anak perusahaan BUMN se-Indonesia

Yuk! siapkan konten berbalas pantun biar semakin santun dengan berpantun dan dapatkan hadiahnya.

#pantun#pantunindonesia#kementerianbumn#bumnuntukindonesia#akhlak#erickthohir#istanaperadabanbalaipustaka#palangpintubetawi#pantuncinta#badanbahasa#pantunjowo#pantunbetawi#pantuniestal

Short Movie Ramadan “Surat Kecil untuk Nadin”

Film Ramadan – Surat Kecil untuk Nadin

Ramadan segera tiba dan teman-teman sekantor Nadin mulai meminta maaf pada orang tua masing-masing tapi semua itu tidak berlaku untuk Nadin yang justru mengabaikan semua telepon dari Ibunya di kampung.

Diam-diam Nadin masih marah pada Ibunya karena suatu hal di masa lalu tapi suatu hari, Nadin mendapat kabar bahwa Ibunya terjatuh dan tidak sadarkan diri. Di tengah kepanikannya, Nadin mulai menyesali perbuatannya.

Masihkah Nadin memiliki kesempatan untuk meminta maaf pada Sang Ibu?

Sebuah persembahan dari Balai Pustaka untuk menyambut Bulan Suci Ramadan 1442 H yang penuh dengan ampunan, sebagaimana manusia yang menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk saling memaafkan.

Marhaban Ya Ramadan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#filmpendek#filmpendekpuasa#shortmovie#ramadan#ramadan1442h#ramadan2021#bulapuasa#balaipustaka#khazanahinspirasiindonesia#akhlak#akhlakbumn#bumnuntukindonesia

Pantun Menyambut Ramadan

Assalamualaikum ww.

Menyambut bulan suci Ramadan 1442 H, kami keluarga besar Balai Pustaka menyampaikan pantun sederhana untuk segenap sahabat semua.

Pantun Menyambut Ramadan

Senyum rembulan berhiaskan awan
Angin perlahan membelai lautan
Mari ucapkan marhaban ya Ramadan
Segala kesalahan mohon dimaafkan

Keluarga Besar
Balai Pustaka
.
#kementerianbumn
#bumnuntukindonesia
#ramadhan1442h#akhlak#islam#islamituindah#puasa#puasaramadhan2021

Pagelaran “Puleh Indonesia”

Sehat Indonesia!
Tegar Indonesia!
Pulih Indonesia!

Saksikan Pagelaran
Puleh Indonesia

Jumat 9 April 2021
pukul 19.30-21.00 WIB

Bersama Rafli Kande
dan Fikar W Eda

Melalui :
1) YouTube Balai Pustaka TV

2) Fanpage: @officialBalaiPustaka
https://www.facebook.com/OfficialBalaiPustaka/

3) SerambionTV

Yuukk…. luangkan waktu untuk gabung di acara Puleh Indonesia

#puleh#pulehindonesia#bumnuntukindonesia#kementerianbumn#budayaaceh#budayaaceh

Lomba Berbalas Pantun Balai Pustaka

Info Lomba Berbalas Pantun di Media Sosial

Halo, #SobatBP! Jangan lupa follow, subscribe media sosial Balai Pustaka ya untuk mendapatkan informasi seputar Lomba Berbalas Pantun dan juga sebagai salah satu persyaratan administrasi lomba!

Instagram: https://www.instagram.com/pt_balaipustaka
Youtube Channel: https://www.youtube.com/channel/UCeWLMtDP3OV6t6m-sYo4xEA
Facebook Fanpage: https://www.facebook.com/OfficialBalaiPustaka
Twitter: https://twitter.com/PTBalaiPustaka

Sebagai informasi tambahan, pendaftaran lomba sampai dengan 30 April 2021, sama dengan pengiriman video. Untuk info lebih lanjut, #SobatBP bisa klik link pada bio Instagram.

#berbalaspantun#pantunwarisandunia#balaipustakaberpantun#indonesiaberpantun#milenialberpantun#bumnberpantun

@bankmandiri@bankbri_id@bankbtn@bukitasamptba@pt_jamkrindo@telkomindonesia